Skill untuk menjadi kaya

Klise banget ya sepertinya jika kita masih membahas tentang bagaimana menjadi kaya, apa saja skill yang dibutuhkan dan yang lainnya. Tapi memang salah satu permasalahan usia 30+ adalah tentang bagaimana menjadi kaya. Ternyata saya hanya bosan mendengar tips menjadi kaya yang itu-itu saja 😂. Yang saya butuhkan adalah tips menjadi kaya yang konstruktif dan logis. Seperti yang dimuat di nairametrics.com “The three skills that will make you rich quickly”. Sebuah tips dan trik untuk menjadi kaya yang tidak itu-itu saja. Judulnya sih seperti click bait. Tapi percayalah saya sudah membacanya untuk anda.

“apanya yang financial literacy kalau duitnya ga ada”

Menghemat pengeluaran atau menambah pemasukan?

Uang yang kita miliki adalah hasil dari uang yang kita dapat dikurangi uang yang kita belanjakan. Untuk menjadi kaya kita bisa menempuh jalan memperbesar pemasukan atau mengurangi pengeluaran. Skill untuk mengurangi pengeluaran ini bisa diperoleh dari financial literacy. Tapi tetap saja, mengurangi pengeluaran hanya efektif sampai batas tertentu. Seperti anekdot “apanya yang financial literacy kalau duitnya ga ada”. Cara yang lebih efektif tentu saja cara yang kedua yaitu memperbesar pemasukan.

Passive income vs Active income

Ini juga sudah umum kita ketahui bahwa pemasukan ada dua macam. Yaitu passive income yang didapat tanpa harus bekerja dan active income yaitu penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan yang kita lakukan. Passive income sudah saya anggap klise. Karena seperti too good to be true. Untuk mendapatkan passive income yang besar juga diperlukan modal yang besar. Jadi agak sulit terlaksana. Saya lebih senang membicarakan active income.

Nah untuk menaikkan active income salah satu caranya adalah menambah sumber penghasilan dari satu menjadi banyak. Ini juga saya setuju banget sih. Kadang saya berpikir kalau promosi di tempat kerja itu banyak sekali faktornya dan kadang kita tidak punya kendali atas faktor tersebut. Lebih masuk akal untuk mencari penghasilan tambahan di luar penghasilan utama.

Skill yang perlu dikembangkan untuk menjadi kaya

Artikel di nairametrics.com ini memang sangat menarik buat saya. Yang paling menarik adalah tips yang diberikan untuk memilih skill apa yang harus dikembangkan untuk menambah penghasilan. Yang pertama hindari memilih job related skill. Mengembangkan job related skill bukan hal buruk, tapi kalau tujuannya untuk menambah penghasilan jadi kurang pas. Mengapa demikian karena skill ini tidak menambah jumlah sumber penghasilan kita. Saya ulangi jumlah sumber penghasilan, bukan penghasilan itu sendiri.

Lantas apa yang perlu dikembangkan? Inilah yang disebut freedom skills. Gampangnya adalah keahlian yang bisa diterapkan dimana saja. Dalam artikel ini disebut ada 3 freedom skills yaitu problem solving, networking, dan marketing. Dengan ketiga skills ini kita bisa mendapatkan sumber penghasilan tambahan dan dengan begitu kita punya penghasilan yang lebih besar. Dan kembali ke tujuan awal untuk menjadi kaya. Saya 100% setuju dengan ide yang ditawarkan, bagaimana pendapat anda? Silahkan bagikan di kolom komentar ya. Terima kasih.

Tinggalkan komentar