Patogenesa Ketosis pada Sapi

sumber

Ketosis adalah suatu keadaan dimana badan-badan keton menumpuk di dalam tubuh. Penyakit ini termasuk penyakit metabolik. Ketosis biasanya terjadi pada masa awal laktasi. Pada masa ini terjadi keseimbangan negatif energi terutama pada sapi dengan produksi susu yang tinggi. Keseimbangan negatif ini memaksa sapi untuk melakukan glukoneogenesis agar dapat mencukupi kebutuhan energi dalam tubuh. Dalam proses glukoneogenesis dimobilisasi sel-sel adiposa. Mobilisasi sel-sel adiposa diikuti dengan meningkatnya level NEFA (Non Esterified Fatty Acid) dalam darah yang kemudian akan dirubah menjadi badan-badan keton di hati. Badan-badan keton adalah aseton, aseto-asetat, dan β-hydroxybutyrate (BHB). Secara pasti penyebab ketosis belum diketahui, namun selalu benrhubungan dengan peningkatan glukosa yang meningkat dan mobilisasi sel lemak.

Penyebab ketosis pada awal laktasi berbeda dengan ketosis pada puncak produksi susu. Ketosis pada awal laktasi banyak dihubungkan dengan fatty liver sedangkan ketosis pada puncak produksi susu disebabkan karena pakan yang diberikan tidak cukup baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Ketosis dapat dibedakan menjadi ketosis primer dan ketosis sekunder, ketosis primer adalah ketosis yang terjadi tanpa ada gejala patologis dalam tubuh sapi, sedangkan ketosis sekunder adalah ketosis yang terjadi akibat pengaruh dari keadaan patologis pada tubuh sapi tersebut.

Bahan Bacaan

http://vet02ugm.wordpress.com/2009/04/10/ketosis-acetonemia-pada-sapi-perah/

http://dawibo.wordpress.com/2011/04/02/ketosis-pada-sapi/

http://budaxperah.wordpress.com/2009/03/28/ketosis-acetonemia-pada-sapi-perah/

http://www.merckvetmanual.com/mvm/index.jsp?cfile=htm/bc/80900.htm

http://koranpdhi.com/buletin-edisi1/edisi1-ketosis.htm

One thought on “Patogenesa Ketosis pada Sapi

Leave a Reply