Nyobain Fitur Transaksi Rutin di BukaReksa

Investasi bisa banyak sekali bentuknya, salah satunya adalah reksadana. Reksadana juga benyak sekali penyedianya, pilih saja yang terpercaya (diawasi OJK). Selain terpercaya pilih saja provider yang sudah familiar dengan kita. Dalam hal ini saya memilih untuk menggunakan produk BukaReksa dari Bukalapak. Saya sudah cukup lama berinvestasi di BukaReksa, dari tahun 2018. Waktu itu belum banyak pilihan penyedia reksadana lewat aplikasi, makanya saya menggunakan bukalapak. Dan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya menggunakan fitur transaksi rutin di BukaReksa. Bagaimana fitur itu memudahkan saya dalam berinvestasi.

Konsistensi adalah kunci

Tidak hanya dalam berinvestasi, dalam banyak hal konsistensi menjadi kunci kesuksesan. Apalagi saya melakukan investasi tidak sekaligus banyak ala swing trader yang membeli produk investasi pada saat harganya murah dan menjualnya kembali saat harganya naik. Terlalu spekulatif buat saya. Saya memilih aman dengan melakukan investasi secara sedikit demi sedikit tetapi konsisten. Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana konsistensi membantu anda dalam berinvestasi silahkan membaca tulisan saya di sini.

Konsistensi jauh lebih mudah diucapkan ketimbang dilaksnakan. Manusia sepertinya memang punya kecenderungan untuk tidak konsisten. Banyak sekali faktornya, kesibukan, lupa, atau malas. Untuk mengatasi hal tersebut saya akhirnya tertarik untuk menggunakan fitur transaksi rutin di BukaReksa. Dengan menggunakan fitur ini akhirnya saya bisa mengatasi masalah inkonsistensi saya dalam berinvestasi.

Yang tidak saya sukai dari fitur transaksi rutin BukaReksa

Meskipin sangat membantu saya, namun ada beberapa hal yang membuat saya tidak nyaman dengan fitur transaksi rutin ini. Yuk mari kita bahas satu persatu.

  • Hanya bisa menggunakan DANA. Saat ini fitur transaksi rutin hanya bisa dilakukan melalui pembayaran dompet digital DANA. Ya sebenarnya tidak masalah karena saya juga memiliki akun DANA. Tetapi saya jarang sekali menggunakan DANA. Jadi saya harus top up saldo saya dulu di DANA baru nanti akan BukaReksa akan mendebet secara otomatis. Saya pernah lupa top up saldo dan akhirnya transaksi gagal. Saya berandai-andai jika ‘kita bisa menyambungkan fitur ini dengan rekening bank kita pasti akan sangat memudahkan.
  • Fitur transaksi rutin tidak bisa langsung digunakan pada fitur Tujuan Investasi. Nah sebenarnya di BukaReksa juga ada fitur lain untuk menentukan produk reksadana apa yang sebaiknya kita beli tergantung dengan profil risiko dan return yang kita harapkan. Namun sayangnya pembelian setiap bulannya tidak bisa secara langsung menggunakan transaksi rutin. Kita harus melakukan transaksi secara manual. Sayang sekali.
Fitur transaksi rutin bukareksa sangat membantu dalam berinvestasi
Fitur Transaksi Rutin BukaReksa

Kembali lagi ke konsistensi yang sangat menentukan keberhasilan dari investasi yang kita lakukan. Maka hadirnya fitur ini sangat membantu. Sebenarnya fitur ini sudah hadir cukup lama, bahkan sayapun telat menyadari kegunaan fitur ini. Meskipun demikian ada beberapa hal yang bisa diperbaiki dan pastinya akan lebih memudahkan lagi. Nah, apakah anda tertarik untuk mencoba fitur ini? silahkan sampaikan di kolom komentar ya, Salam!

Tinggalkan komentar