Nikmat Bersedekah di Bulan Puasa

Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia (baik muslim maupun non-muslim) bahwa bulan Ramadan atau bulan puasa adalah bulan dimana kita memperbanyak sedekah. Berbagai macam cara dilakukan untuk bersedekah. Ada yang bersedekah melalui kotak amal di masjid. Ada yang bersedekah lewat panti asuhan dan ada juga yang membagi-bagikan paket THR (Tunjangan Hari Raya). Saya berpikir bahwa inilah salah satu nikmat menjadi muslim, nikmat bersedekah di bulan Puasa.


ditengah usahanya yang tidak bisa saya bilang besar babeh masih menyempatkan diri untuk bersedekah

Bersedekah bukan karena Kaya

Bulan ramadan kali ini ada yang mengetuk hati saya yaitu ketika saya diberi paket THR oleh pemilik warteg langganan saya, saya memanggilnya “Babeh”. Warteg milik Babeh sendiri tidak besar, hanya bangunan tidak permanen yang menempel di tepi pagar sebuah pabrik. Sehari-hari warteg Babeh memenuhi kebutuhan makan siang saya dan rekan-rekan kerja saya. Harga yang dipatok Babeh juga tidak mahal. Ini juga menyesuaikan dengan pekerja yang upahnya masih UMR. Yang membuat hati saya terketuk adalah ditengah usahanya yang tidak bisa saya bilang besar babeh masih menyempatkan diri untuk bersedekah. Bukan nilai dari besarnya sedekah tetapi dari niat tulus Babeh yang mengetuk pintu hati saya.

Sudahkah saya bersedekah?

Hidup kadang menjadi ironi. Kita lebih sering disibukkan mengejar sesuatu yang bersifat duniawi. Kita selalu berpikir bahwa jika kita punya banyak uang maka kita akan bahagia. Kita lupa bahwa dengan bersedekah kita akan bahagia. Bersedekah di saat lapang dan sempit justru memberi kenikmatan yang tidak bisa digantikan oleh kenikmatan yang lainnya. Ini adalah teguran untuk saya. Teguran untuk kembali memperbanyak sedekah. Terlebih lagi saat bulan ramadan yang penuh dengan pahala.

Sedikit bagi kita mungkin sangat berarti bagi mereka

Jika dipikir-pikir bersedekah memang bukan soal besar atau kecilnya. Bersedekah adalah tentang niat. Besar dan kecil merupakan ukuran yang subjektif. Tetapi dengan niat yang tulus akan memberikan dampak yang luar biasa. Kita tidak akan pernah tahu seberapa berartinya sedekah kita. Biarlah Allah SWT yang membalasnya. Aamiin

Leave a Reply