Friends to all is friends to none

Sudah lama saya tidak tertarik untuk mendengarkan lagu baru. Memasuki usia kepala tiga sepertinya saya sudah mengalami apa yang disebut dengan paralisis musikal. Musik baru seakan terdengar sama. Saya hanya mendengarkan musik baru dari radio. Akan tetapi baru-baru ini ada lagu yang menarik perhatian saya, yaitu lagu dari Taylor Swift dengan judul Cardigan. Lagu baru Taylor Swift Cardigan ini menurut saya memiliki makna yang cukup dalam. Selain musiknya yang easy listening yang membuat saya suka dengan lagu ini adalah liriknya.

Jika kita sedang gembira, kita akan menikmati lagu dari musiknya. Jika kita sedang sedih, kita akan menikmati lagu dari liriknya.

Ada kata bijak jika kita sedang senang maka kita akan menikmati musik suatu lagu, jika kita seeang sedih atau galau maka kita akan menikmati liriknya. Jujur di lagu ini yang lebih menyentuh saya adalah liriknya. Well, mungkin saya sedang galau saat mendengarkan musik ini.

Tentang keberpihakan

Saya akui ada kejadian di hidup saya yang relevan dengan lirik lagu ini. Terutama pada lirik “Friends to all is friends to none”. Kutipan kuno dari Aristoteles yang masih relevan hingga saat ini. Tidak bisa kita tampik bahwa setiap orang mempunyai kemungkinan konflik dengan orang lain. Bahkan dalam lingkungan yang kecil seperti keluarga, apalagi lingkungan kerja. Ketika kita berteman dengan semua orang, tidak tertutup kemungkinan bahwa kita berteman dengan dua orang yang saling bermusuhan. Lantas jika harus memilih, kita akan memilih siapa?. Pada akhirnya kita tidak akan memilih siapa-siapa untuk menjaga kenetralan kita. Yang pada akhirnya kita tidak berteman pada siapa pun. Memang sebaiknya kita berpihak pada kebenaran. Klise memang, tapi untuk menjaga kewarasan kadang kita harus mengambil langkah tegas. Siap dengan risikonya, termasuk siap menerima dianggap tidak berteman kepada siapapun.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda masih berteman dengan semua orang? Bagaimana dengan lagunya? Mana yang lebih menarik bagi anda? Liriknya atau musiknya? Silahkan tulis di kolom komentar ya. Salam!

Tinggalkan komentar