Cara mengganti Thermal Paste pada laptop HP Pavilion dm1

Yang mengganggu adalah suara kipas yang cukup bising dan panas dari laptop yang ugal-ugalan

Sebenarnya laptop saya ini sudah waktunya pensiun. Hanya saja karena saya masih belum punya gantinya makanya masih saya pertimbangkan. Laptop saya adalah HP Pvilion dm1 dengan processor AMD E2. Dual core dengan grafis radeon. Kalau saya cek di google sih laptop ini rilis pada sekitar tahun 2012. Jadi sudah sekitar 8 tahun yang lalu. Sudah cukup tua untuk ukuran sebuah laptop. Saya membeli laptop ini tidak dalam kondisi baru, melainkan bekas pada tahun 2016. Tetapi jujur laptop ini cukup menyenngkan dari segi ukuran dan beratnya. Laptop ini sudah saya upgrade pada bagian harddisk (menjadi SSD) dan RAM nya sudah saya tambah dari 2 GB menjadi 4 GB dual channel (baca ceritanya di sini). Yang mengganggu adalah suara kipas yang cukup bising dan panas dari laptop yang ugal-ugalan. Setelah saya baca-baca di google dan nonton youtube akhirya saya memutuskan untuk mengganti thermal paste dari laptop HP Pavilion dm1 milik saya.

Bagian belakang laptop HP Pavilion dm1

Bahan-bahan yang saya gunakan untuk mengganti thermal paste laptop HP Pavilion dm1

Tujuan utama saya mengganti thermal paste laptop HP milik saya ini adalah untuk mengurangi panas dari processor. Saya sudah cukup terganggu dengan panas yang dihasilkan oleh processor ini dan sepertinya hal ini sudah mempengaruhi perfora dari laptop. Setelah cari-cari di internet saya dihadapkan pada beberapa pilihan thermal paste. Salah satu yang menarik perhatina saya adalah Thermal Grizzly Kryonaut. Menurut review di internet ini adalah salah satu thermal paste paling bagus. Tapi karena harus beli secara online saya jadi ragu dan akhirnya memutuskan untuk membeli thermal paste di toko komputer dekat rumah. Yang jelas saya sudah berniat untuk membeli thermal paste yang berkualitas. Pertimbangan saya adalah karena processor saya AMD yang terkenal panas, dan laptop ini hanya menggunakan kipas kecil, jadi thermal paste-nya harus bagus. Akhirnya pilihan jatuh pada thermal paste dari Deep Cool Z5. Deep cool bukan merek asing buat saya, jadi saya sudah tidak ragu lagi.

Cara mengganti Thermal Paste pada laptop HP Pavilion dm1

Waktu yang dibutuhkan: 15 menit.

  1. Lakukan riset terlebih dahulu.

    Sebelum memutuskan untuk mengganti thermal paste sebaiknya anda melakukan riset dulu dengan mencari informasi di internet. Lakukan hal ini sampai anda percaya diri melakukan penggantian thermal paste. Ini penting karena penggantian thermal paste ini juga mempunyai risiko yang cukup serius jika tidak dilakukan dengan baik. Anda bisa menonton youtube dan membaca artikel seperti yang anda lakukan sekarang ini.

  2. Siapkan peralatan.

    Untuk mengganti thermal paste di laptop kita membutuhkan peralatan yaitu : Obeng kecil, dan thermal paste.

  3. Letakkan laptop dengan posisi terbalik

    Letakkan posisi laptop dengan posisi terbalik, bagian bawah menghadap atas.

  4. Lepaskan baterai laptop

    Tentu saja untuk menghindari risiko kesetrum atau konsleting baterai harus dicopot pada saat melakukan penggantian thermal paste.

  5. Lepaskan cover belakang laptop

    Anda bisa melepaskan cover belakang laptop HP Pavilion dm1 ini dengan cara menggeser pengunci baterai dan menarik cover belakang ke arah speaker. Anda tidak butuh peralatan untuk melakukan ini.Bagian dalam laptop setelah back cover dibuka

  6. Temukan hetasink dari processor

    Untuk menemukan heatsink processor tidak sulit. Heatsink terletak di dekat kipas.

  7. Copot empat baut heatsink

    Kendorkan baut heatsink, lakukan dengan lembut karena jika ditekn terlalu keras bisa merusak motherboard. Jangan ragu untuk mengganti ukuran obeng yang digunakan. Biasanya kesulitan membuka baut karena ukuran obeng tidak cocok dengan baut.

  8. Bersihkan heatsink

    Bersihkan heatsink dari debu. Untuk membersihkan bisa menggunakan sikat kecil. Bersihkan juga heatsink dari bekas thermal paste yang lama.

  9. Bersihkan processor

    Bersihkan processor dari sisa thermal paste yang lama. Untuk membersihkan ini saya menggunakan tissue. Beruntung karena thermal paste yang lama masih dengan mudah bisa dibersihkan (belum mengeras).

  10. Bubuhkan thermal paste pada prcessor

    Bubuhkan thermal paste sedikit saja pada processor. Ukuran processor pada laptop HP Pavilion dm1 ini sangat mungil, hati-hati jangan sampai thermal paste meleber ke bagina circuit karena bisa menyebabkan konsleting.bubuhkan thermal paste di atas processor

  11. Pasang kembali heatsink dan cover

Kesalahan yang saya lakukan

Langkah-lngkah yang saya bagikan di atas sudah terbukti, jadi jangan ragu untuk mengikutinya. Meskipun demikian dalam proses mengganti thermal paste di laptop HP Pavilion dm1 milik saya ada beberapa kesalahn yang saya lakukan. Stidaknya saya mencatat ada 2 yang mungkin bisa jadi pelajaran bagi anda yang ingin mencoba melakukan hal ini.

  1. Saya melepas kipas processor. Sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan karena heatsink tidak bersatu dengan fan/ kipas. Untuk melepas kipas juga cukup rumit karena posisibaut yang sulit dijangkau. Artinya saya sudah melakukan pekerjaan yang sulit namu tidak ada hasilnya.
  2. Saya tidak punya data temperatur processor sebelum dilakukan penggantian thermal paste. Sehingga saya tidak benar-bnear tahu seberapa perbedaan suhu setelah saya mengganti thermal paste di laptop HP milik saya.

Kesimpulan

Terlepas dari persiapan yang kurang matang, kemudian kesalahan saya tidak tahu temperatur sebelum menganti thermal paste dan lain-lain. Kesimpulan saya hal ini worth to do. Yang saya rasakan laptop jadi lebih adem, dan kipas jadi tidak terlalu bising. Selain itu saya juga puas akhirnya bisa melakukan hal ini sendiri. Apakah anda juga ingin mencoba? yuk berdiskusi di kolom komentar. Salam!

Tinggalkan komentar