Cara Hemat BBM dengan Smartphone

Judulnya bukan clickbait lho, ini benar-benar cara yang bisa menghemat BBM pada setiap kendaraan bermotor anda. Lantas bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi fuel tracker pada smartphone.

Interface Aplikasi yang bagus

Jadi ceritanya saya kembali menjadi anak motor karena sampai saat ini belum ada transportasi massal yang nyaman di badan dan di kantong untuk mengakomodasi perjalanan saya. Ya mungkin ini juga yang membuat populasi sepeda motor di Jabodetabek semakin banyak. Alasannya sederhana karena biaya yang dikeluarkan sangat terjangkau dan fleksibilitasnya sangat bagus. Setelah beberapa Minggu menggunakan sepeda motor saya pun iseng mencari-cari aplikasi untuk sepeda motor di Google Play. Dari keisengan itu saya menemukan beberapa aplikasi fuel tracker yang menurut saya oke. Oke menurut saya karena memiliki interface yang bagus. Ada dua sih yang menarik perhatian saya yaitu Fuelio dan Drivvo.

Efisiensi Bahan Bakar

Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba masing-masing aplikasi. Dan saya lebih suka tampilan dari Drivvo. Cara kerja dari aplikasi ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu membagi konsumsi bahan bakar dengan jumlah kilometer yang ditempuh berdasarkan angka odometer. Jadi setiap kali kita mengisi bahan bakar kita diwajibkan untuk memasukkan jumlah bahan bakar yang kita isi dan angka odometer pada saat kita mengisi bahan bakar. Kemudian aplikasi akan mengkalkulasikan secara otomatis konsumsi bahan bakar kita dalam L/100 km. Sebenarnya fitur ini sudah ada pada beberapa sepeda motor premium yang harganya cukup mahal. Dengan aplikasi Drivvo kita bisa mencicipi fitur sepeda motor premium pada sepeda motor biasa.

Hemat BBM dengan Drivvo

Laporan efisiensi bahan bakar

Fitur Expense tracker

Tidak hanya menghitung efisiensi bahan bakar dalam L/100 km Drivvo juga menghitung berapa biaya yang kita keluarkan perhari per expense yang kita keluarkan. Jika kita telaten menginput data maka laporan yang kita dapat akan semakin lengkap.

Fitur Pengingat/ Reminder

Fitur yang saya sukai selain efisiensi bahan bakar dan biaya per hari adalah fitur pengingat/ reminder. Kita tidak akan lupa jadwal servis kendaraan bermotor kita. Selain itu juga ada fitur perkiraan kapan kita harus mengisi bahan bakar yang sesuai dengan efisiensi bahan bakar kendaraan kita. Inilah yang akan membantu kita menghemat bahan bakar. Dengan adanya data-data tersebut akan mendorong kita untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar kita.

Aplikasi Drivvo

Fitur Pengingat

Bagaimana? Apakah anda juga tertarik untuk mencoba aplikasi ini? Silahkan unduh di Google Play dan Apple Store.

Leave a Reply