Hidup menurut rang jawa adalah wang sinawang yang artinya kehidupan orang lain pasti akan terliht lebih baik dari kehiddupan kita. Atau sering kita dengar dengan pepatah “Rumput tetangga lebih hijau”. Begitu juga dengan perihal menjalankan bisnis sendiri. Tentang bagaimana meraih sukses dengan buka usaha sendiri. Orang yang menjalankan bisnisnya sendiri dianggap lebih sukses dan hidupnya lebih enak dibandingkan orang yang bekerja pada orang lain.

Sebelum buka usaha sendiri

  • Twitter
  • Pinterest

Saat kita menjadi karyawan, maka kita akan berpikir bahwa menjadi penngusaha atau yang menjalankan bisnis usaha sendiri pasti lebih nyaman. Waktu lebih fleksibel. Kita juga tidak terikat oleh aturan-aturan yang dibuat oleh orang lain. Kita menjadi orang yang merdeka.

Ternyta banyak hal yang luput dari pengamatan yang seperti itu. Untuk menjadi wiraswasta dibutuhkan banyak sekali keahlian yang kadang tidak bisa dipelajari secara formal. Eskpektasi yang tinggi saat buka usaha sendiri membuat kita kecewa.

Ini juga yang selalu saya ingat sebelum saya menjalankan bisnis saya sendiri. JAngan sampai saya terjebak dalam ekspektasi yang tinggi. Menganggap mudah tanpa persiapan yang matang. Kemudahan finansial bagi para wiraswasta tidak datang denga cuma-cuma. Pasti ada harga yang harus dibayar. Salah satunya dengan kerja keras. Jika berbisnis itu mudah maka mengapa ada pebisnis yang gagal?

Berbisnis bukan satu-satunya pilihan

Sukses tidak hanya bisa diraih dengan satu jalan. Banyak pilihan jalan untuk menuju sukses. Bahkan dengan menjadi karyawan pun bisa meraih sukses. Ukuran sukses tidak hanya menjadi CEO tetapi bisa juga menjadi CFO, CTO dan COO serta banyak lagi lainnya. Kadang kita terlalu meng-glorifikasi buka usaha sendiri.

Selama ini memang sebagian dari kita mengagung-agungkan entrepreneurship. Bahwa keberhasilan adalah setelah kita bisa membuat lapagan pekerjaan baru. Tidak sepenuhnya salah, tapi the right man on the right place juga penting. Dan sudah menjadi kebiasaan bagi kita untuk menilai kesuksesan orang dari apa yang terlihat. terkadang kita lupa untuk melihat apa yang sudah terjadi di balik kesuksesan tersebut. Setiap orang punya jalannya masing-masing dan tidak bisa disamakan antara yang satu dengan yang lain.

Untuk kita renungkan bersama.