Biosecurity dan Biosafety

Biosafety dan biosecurity merupakan dua hal yang saling berkaitan. Keduanya mempunyai tujuan untuk menjamin keamanan dari bahaya biologis. Tetapi meski tujuannya sama biosecurity dan biosafety merupakan dua hal yang berbeda. Biosecurity adalah usaha untuk menjaga suatu daerah dari masuknya agen penyakit, menjaga tersebarnya agen penyakit dari daerah tertentu, dan menjaga agar suatu penyakit tidak menyebar di dalam daerah tersebut. Sedangkan biosafety adalah usaha yang dilakukan agar orang yang bekerja dengan bahan biologi berbahaya terlindungi dari bahan bahaya bahan biologi yang ditanganinya.

Upik K. Hadi menyebutkan secara sederhana biosecurity adalah usaha untuk melindungi kehidupan. Biosecurity mempunyai peranan penting dalam pencegahan penyebaran penyakit. Dalam suatu usaha peternakan biosecurity merupakan sesuatu sistem yang dapat melokalisasi agen penyakit sehingga tidak menyebar ke tempat lain atau di dalam peternakan itu snediri.

Faktor pembeda

Berbeda dengan biosecurity, biosafety adalah suatu konsep yang mengamankan orang yang bekerja dengan suatu bahan biologis. Misalnya orang yang bekerja dengan suatu virus yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya maka orang tersebut harus mengunakan sarung tangan. Jadi biosecurity adalah suatu konsep yang mengatur orang yang bekerja atau bersentuhan dengan objek bilogis berbahaya agar terhindar dari bahaya objek biologis tersebut. Secara mendasar bedanya biosecurity dan biosafety adalah biosecurity menitik beratkan pada lingkungan sedangkan biosafety menitik beratkan pada manusia.

Penerapan biosafety dan biosecurity pada peternakan

Biosafety dan biosecurity biasanya dijalankan secara bersamaan. Karena pada intinya biosceurity juga mendukung terlaksananya biosafety, begitu juga sebaliknya. Biosafety maupun biosecurity bisa berupa aturan yang harus ditaati (standard operating procedures, atau instruksi kerja) atau bisa juga berupa fasilitas. Contoh biosecurity yang berupa fasilitas adalah adanya foot dipping di pintu masuk peternakan. Contoh biosafety yang berupa fasilitas adalah adanya tempat cuci tangan di area peternakan. Dalam pelaksanaannya bisa saja terjadi overlap antara biosafety dan biosecurity (Agung Sudomo).

15 thoughts on “Biosecurity dan Biosafety

  1. Ir.Wahyudi says:

    Ass.Wr.Wb
    Siapa ya yang punya sertifikat tenaga ahli biosafety atau yang pernah mengikuti seminar tentang biosafety. kalau tau boleh saya di informasikan contact personnya.
    hubungi saya di no.telp. (021) 55749456 PT.Imajhi Dinakarya /Wahyudi

  2. Haris says:

    permisi mas Asudomo, mau numpang tanya nih..
    biosecurity dan biosafety, klo dalam kamus Bhs Indonesia tulisannya bagaimana ya?
    siapa yg menemukan dan kapan istilah biosecurity resmi digunakan dlm dunia peternakan(sejarah singkatnya)?
    terima kasih

Leave a Reply