Menurut wikipedia agroterrorism adalah penyalah gunaan penyakit agen penyakit hewan atau tanaman yang dapat menybabkan kerusakan pada sektor pertanian.

  • Twitter
  • Pinterest

Terror = Rasa takut

Selama ini kita sudah sering mendengar aksi teror. Aksi yang membuat masyarakat mengalami keresahan dan kepanikan luar biasa. Tujuan dari teror sendiri adalah untuk membuat masyarakat merasa takut. Karena tujuannya adalah menciptakan rasa takut seringkali cara yang digunakan adalah cara yang tidak lazim, salah satunya adalah agroterrorism.

Agroterrorism dan Bioterrorism

Agroterrorism termasuk dalam kelompok bioterrorism. Penyalah gunaan bahan biologis disebut bioterrorism. Bioterorisme ini sangat membahayakan manusia. Mungkin kita masih ingat tentang pengiriman spora anthraks ke gedung putih. Spora anthraks bisa bertahan sekitar 30 tahun di lingkungan. Dapat kita bayangkan jika aksi ini berhasil. Pasti efek takut yang ditimbulkan bisa bertahan sangat lama.

Pertanian berhubungan dengan pangan



Dengan pemikiran-pemikiran ini maka para ahli mulai berfikir tentang ancaman agroterorisme. Dapat kita bayangkan jika yang diserang adalah sketor pertanian maka akibat yang ditimbulkan akan sangat fatal. Pertanian langsung berhubungan dengan pangan. Misalnya teroris menggunakan suatu virus tertentu yang dapat menyebabkan padi pada suatu daerah tertentu gagal total. Ironisnya, belum banyak tindakan yang diambil untuk menyiasati hal ini, walaupun memang belum ada dilaporkan kasus agroterorisme ini.

Mitigasi agroterrorism di Indonesia



Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hal ini tentunya dengan memperkuat sistem karantina suatu negara. Produk tanaman atau tanaman itu sendiri harus diperiksa terlebih dahulu sebelum dibawa masuk ke suatu negara. Selain tanama, hewan juga harus ketat pengawasannya. Tentunya untuk menyiasati ancaman ini diperlukan komitmen dari semua komponen dalam suatu negara. Nah sebagai warga negara peran yang bisa kita ambil salah satunya adalah dengan tidak mengkonsumsi bahan pangan selundupan yang tidak jelas asal usulnya. Kita harus pastikan bahwa barang yang kita konsumsi di bawah pengawasan karantina pertanian.

Salam!