Vitamin penting sapi

Vitamin penting untuk ternak sapi

Ternak sapi juga membutuhkan suplemen makanan agar dapat tumbuh secara optimal. salah satu suplemen makanan selain mineral tentu saja adalah vitamin. Ada beberapa vitamin yang cukup penting untuk ternak sapi yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin D, dan vitamin E.

Vitamin A

Vitamin A memegang peranan penting dalam memelihara mukosa mata, kulit, mukosa sistem pernapasan, mukosa sistem pencernaan dan mukosa sistem reproduksi. Vitamin A juga bersifat esensial untuk ginjal, pertumbuhan normal tulang, gigi dan jaringan saraf. Sumber vitamin A banyak terdapat pada pigmen karoten dari tumbuhan berwarna hijau dan kuning.

Defisiensi Vitamin A dapat berefek pada sistem reproduksi. Jika pemacek tidak mendapatkan suplai vitamin A yang cukupmaka akan menghasilkan sperma yang kurang baik. Pada indukan yang menderita defisiensi vitamin A dapat mengalami abortus atau penyerapan kembali Fetus. Pada pedet dapat mengakibatkan pertumbuhan terhambat. Selain itu defisiensi vitaminA juga menyebabkan nafsu makan turun, bulu/ rambut menjadi kasar dan menurunkan efisiensi pakan.

Vitamin D

Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan saluran pencernaan. Vitamin D dibentuk dari 7-dehydrocholesterol yang terdapat pada kulit hewan dan akan diaktifkan oleh sinar matahari atau sumber sinar ultraviolet yang lain menjadi vitamin D3. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga agar ternak terpapar sinar matahari. Steril sebagai bahan dasar vitamin D juga bisa didapatkan dari tumbuhan berwarna hijau. Ternak muda atau yang sedang tumbuh membutuhkan vitamin D lebih banyak dibandingkan ternak dewasa.

Vitamin D meningkatkan penyerapan dari saluran pencernaan dan meningkatkan penggunaan calcium Dan phosphor. Vitamin D membantu darah dalam mengatur level calcium dan konversi inorganik phosphor menjadi organik phosphor.

Vitamin E

Fungsi khusus dari vitamin E belum diketahui secara pasti tetapi mungkin vitamin E berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah rusaknya vitamin lain dan asam lemak baik di saluran pencernaan maupun pada saat penyerapannya. Vitamin E juga banyak terdapat pada dedaunan hijau.

Vitamin B

Vitamin B terbagi atas beberapa vitamin seperti B1 (thiamin) dst atau yg sering disebut vitamin B complex. Pada ternak sapi dewasa suplai vitamin B berasal dari bakteri rumen, pada saat pedet suplai vitamin B berasal dari susu.

Sekian dulu tulisan tentang vitamin penting pada ternak sapi, Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *