Saturday Night Market [Chiang Mai, Thailand]

Pasar Seni Saturday Night Market

Ini adalah cerita saya sewaktu malam mingguan bersama keluarga di Saturday Night Market, Chiang Mai, Thailand. Jika anda mengunjungi Chiang Mai, Thailand maka Saturday Night Market ini harus masuk ke dalam itinerary anda. Sebenarnya ini adalah sebuah ruas jalan yang dijadikan sebagai pasar pada Sabtu malam. Selain sabtu malam jalan (Wua Lai Rd) ini merupakan jalan umum. Namun saat sabtu malam telah tiba jalanan ini ditutup dan digunakan untuk berjualan beraneka ragam barang seni dan makanan. Untuk menuju lokasi ada banyak pilihan transportasi. Bisa order Grab atau sewa motor seperti saya. Saya tidak mencobanya sendiri tetappi di lokasi ada banyak Tuk Tuk dan Red Cab, jadi tidak perlu khawatir

Saya lebih senang menyebut tempat ini sebagai sebuah Pasar Seni, dan menurut saya sangat layak dikunjungi. Mengapa saya mengatakan jika tempat ini layak dikunjungi karena bisa dibilang ini adalah tempat yang menawarkan wisata belanja yang cukup lengkap di Chiang Mai. Utamanya adalah menjual souvenir tetapi juga tersedia makanan. Dan ada juga pertunjukan seni.

Saturday Night Market Chiang Mai Street Performance
Pertunjukan seni

Yang perlu anda siapkan adalah alas kaki yang nyaman karena anda akan berjalan cukup jauh untuk menikmati suasana yang ada. Untuk harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Malahan menurut saya jika dibandingkan di Indonesia relatif sama atau lebih murah. Saran saya jika anda ingin berbelanja harap bersabar dan jangan bernafsu untuk membeli barang yang pertama anda lihat. Santai saja sambill mengeksplorasi Night Market ini sambil melihat harga yang lebih murah hehe. Kemudian pertimbangkan juga waktu. Sekitar pukul 10 malam pasar ini sudah mulai tutup. Dan pedagangnya tertib, jadi alau waktunya tutup ya tutup. Ada polisi yang mengawasi keteritban para pedagang. So, jangan sampai kehabisan waktu saat berbelanja hehe.Oh iya, di Saturday Night Market ini juga ada Kuil. Anda bisa mampir foto-foto dulu.

Bersih tanpa banyak tempat sampah

Hal menarik lainnya adalah kebersihan tempat ini. Meskipun tempat ini bisa dibilang cukup ramai tapi hampir tidak ada sampah yang berceceran di jalan. Yang membuat lebih istimewa adalah tempat sampah yang disediakan juga tidak terlalu banyak lho. Hayo siapa yang sering ngomel-ngomel di sosmed tentang kurangnya fasilitas tempat sampah di kawasan wisata. Kalau mengambil pelajaran dari Saturday Night Market ini jumlah tempat sampah tidak ada pengaruhnya dengan kebersihan suatu tempat wisata. Saya lihat semua orang membawa sampah mereka hingga bertemu dengan tempat sampah.

Sungguh saya berharap temppat wisata di Indonesia bisa seperti ini. Sedih sih tapi saya harus mengakui bahwa kesadaran masyarakat kita masih menjadi pekerjaan rumah untuk kita semua. Dan seperti yang saya sampaikan di atas bahwa faktor manusia adalah yang utama. Jadi, jika manusianya sudah sadar maka fasilitas hanya sebagai faktor pendukung (dalam hal ini tong sampah). Sebaliknya sebaik apapun fasilitas jika tidak dibarengi dengan kesadaran untuk membuang sampah ya hasilnya tidak akan baik.

Kebersihan Saturday Night Market CNX
Bersih banget kan

Sebagai penutup saya ingin mengajak kita semua agar peduli terhadap sampah. Kita harus percaya diri dengan kemampuan kita. Jika kita memandang negara lain bisa lebih baik dari kita dalam hal sampah itu bukan semata-mata karena mereka mempunyai fasilitas yang lebih baik, tapi lebih kepada kesadaran masyarakatnya. Tabik!

Leave a Reply