Rental Motor di Chiang Mai Thailand

Ini adalah pengalaman pribadi saya menyewa (rental) sepeda motor di Thailand tepatnya di Chiang Mai. Awalnya saya ragu untuk menyewa sepeda motor, alasannya tentu saja alasan keamanan dan alasan legalitas. Saya sendiri baru pertama kali datang ke Thailand. Dan karena saya ke Thailand bersama keluarga (dengan satu bayi) jadi repotnya luar biasa. Sebenarnya transportasi di Thailand terbilang cukup mudah dan nyaman. Kita dihadapkan dengan banyak pilihan mulai dari taksi konvensional, red taxi (shongthaew), tuk-tuk, hingga taksi online (Grab).

Chiang Mai, Motorbike, Rent

Motorbike Rent, Chiang Mai

Pilihan pertama saya naik Grab, alasannya karena rutenya fleksibel dan kita bisa memastikan tarif. Tapi lama-lama bisa tekor juga nih kalau terus-terusan order Grab. Sekali order sekitar 80-100 baht. Akhirnya saya memutuskan untuk menyewa sepeda motor. Langsung saja yuk kita kupas tuntas tentang sewa motor di Chiang Mai.

1. Keamanan

Jika anda sudah terbiasa mengendarai sepeda motor di daerah Jabodetabek anda tidak akan merasa kesulitan mengendarai motor di Chiang Mai. Lalu lintas di Chiang Mai tidak terlalu padat, hanya ada penumpukan di lampu merah. Perilaku pengguna jalan juga cukup tertib. Perlu diketahui bahwa di jalanan Chiang Mai terdapat lebih banyak yellow box junction dibanding lampu lalu lintas. Peraturan yellow box junction juga sama dengan yang kita temui di Indonesia. Pihak rental ga akan meminjamkan helm kepada kita. Tapi memang standar helm di Thailand berbeda dengan di Indonesia. Bagian belakang kepala tidak wajib tertutup. Keamanan saat kita parkir juga baik. Kita cukup mengunci stang sepeda motor yang kita sewa. Beberapa tempat wisata juga menyediakan tempat parkir khusus.

2. Harga

Ini yang menjadi pertimbangan utama saya saat memutuskan menyewa motor. Untuk 24 jam kita harus membayar 250 baht. Harga yang lebih murah ditawarkan jika kita menyewa untuk satu Minggu sekaligus.

3. Legalitas

Sebenarnya untuk bisa mengendarai sepeda motor di luar negeri kita harus memiliki SIM internasional. Tapi kita bisa menyewa sepeda motor dengan jaminan Paspor dan dengan risiko kita sendiri apabila ditilang oleh polisi. Untuk masalah tilang menilang anda bisa browsing dulu untuk mencari informasi lebih lanjut. Oh iya, sebagai jaminan maka paspor kita akan ditahan oleh pihak yang menyewakan sepeda motor.

Chiang Mai, motorbike, rent

Motorbike rent document

Saya berkesempatan untuk menyewa sepeda motor Scoopy. Sebenarnya banyak jenis sepeda motor termasuk sepeda motor yang tidak dijual di Indonesia. Tapi karena ini adalah kali pertama saya menyewa sepeda motor di luar negeri maka saya memilih aman saja dengan menyewa sepeda motor yang memang sudah saya kenal. Nah, sekian pengalaman saya menyewa sepeda motor di Chiang Mai Thailand, apakah anda tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply