PowerBI vs Tableau

Masih sangat premature untuk menyampaikan ini. Apalah saya membandingkan dua software Business Intelligent yang paling hits abad ini cieeeh. Saya belum lama mengenal PowerBI. Bahkan dengan cerita yang cukup aneh. Silahkan baca bagaimana cerita saya dengan PowerBI di sini. Dari perkenalan saya dengan PowerBI saya mengenal Tableau. Dari perkenalan saya yang baru seumur jagung itu sebenarnya belum waktunya saya membahas komparasi dua software ini. Tapi ada hal yang meurut saya perlu saya sampaikan. Hal tersebuut adalah experience saya menggunakan kedua software tersebut di gawai saya, Laptop HP Pavilion dm 1.

Yang terbaik adalah yang kita miliki

Saya kira kita semua setuju bahwa yang terbaik adalah yang kita miliki. Begitu juga dengan laptop. Saat ini saya menggunakan laptop HP Pavilion dm 1. Saya beli laptop ini tidak dalam kondisi baru. Saya membeli laptop ini pda tahun 2016. Dengan kondisi yang tidak buruk tetapi tidak juga sempurna. Yang pasti laptop saya ini masih bisa digunakn tanpa harus tersambung dengan charger nya selama kurang lebih 1,5- sampai 2 jam. Oke, tidak ingin memperpanjang romantika saya dengan laptop saya, bayangkan saja laptop yang sudah berumur kurang lebih 10 tahun. Dan saya menggunakan laptop ini untuk mengutak-atik PowerBI dan Tableau. Ini penting, Walaupun sebenarnya sedikit dipksakana untuk menjalankan kedua software tersebut di laptop saya, tetapi kalaua ini kita jadikan hambatan untuk tidak mempelajari software tersebut ya kapan bisanya ya kaaaan.

PowerBI vs Tableau ketika dijalankan di laptop tua

Sebenarnya secara fungsi kedua software ini mirip. Sama-sama memudahkan kita untuk memvisualisasikan data. Secara fungsi saya sendiri belum terlalu banyak mengutak-atik Tableau. Jadi nanti saja akan saya buatkan tulisan tersendiri tentang itu. Nah, sekarang mengenai performa. Dijalankan di laptop tua saya Tableau terasa lebih ringan dibandingkan dengan PowerBI. Saya menggunakan Processor AMD E450, Ram 4 GB dual channel dan saya menggunakan SSD sata.Windows yang saya pakai adalah windows 10 Pro 64 bit. Keduanya memang terasa lemot, tetapi Power BI lebih terasa lambatnya. Saya berencana untuk menambah memory menjadi 6 GB aatu bhkaan 8 GB. Harapan saya tentu sja untuk bisa menjalankan kedua software ini dengan lancar.

Sekian dulu pengalaman saya menggunakan dua software BI di laptop saya. Selanjutnya akan kita bahas perbandingan fungsi dari kedua software tersebut. Salam!

Leave a Reply