Pertolongan pertama pada sapi kembung

Kejadian kembung pada sapi masih menjadi permasalahan di kalangan peternak sapi. Padahal kejadian kembung pada sapi bisa berakibat fatal apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Sangat mudah untuk mengenali kejadian kembung pada sapi, ciri- cirinya antara lain perut terlihat kembung (termasuk pada bagian legok lapar), kurang nafsu makan, sesak napas dan cenderung untuk berbaring.

Pada dasarnya kembung adalah suau kondisi dimana terjadi tekanan berlebih pada rumen dan retikulum, biasanya akibat penumpukan gas hasil dari fermentasi di rumen. Penumpukan gas akan membuat ukuran rumen menjadi besar dan akan menekan organ dalam lainnya termasuk paru-paru. Tertekannya paru-paru akibat rumen yang mebesar akan mengganggu sistem pernapasan pada sapi. Terganggunya sistem pernapasan inilah yang seringkali membuat ternak tidak tertolong saat mengalami kembung.

Seperti sudah disebutkan di atas, kembung atau bloat atau tympani disebabkan oleh penumpukan gas pada rumen dan retikulum. Penumpukan gas ini biasanya disebabkan karena perubahan pola pakan yang drastis atau kerena pola pakan yang tidak seimbang. Ternak sapi yang diberi pakan konsentrat lebih rentan terserang kembung apabila tidak dibarengi dengan pemberian hijauan. Selain itu kembung juga bisa dipicu oleh sebab lain seperti infeksi saluran pencernaan, tumor dan lain-lain.

Yang harus dilakukan oleh peternak ketika menemui kasus ini tentunya adalah menghubungi dokter hewan agar bisa diberikan penanganan yang tepat. Selain itu peternak juga bisa memberikan pertolongan pertama pada ternak yaitu dengan memberikan minyak sayur kepada ternak. Minyak sayur ini akan berfungsi untuk menghilangkan busa pada rumen. Penyebab gas tidak bisa keluar dari rumen adalah karena gas bercampur dengan cairan yang ada di dalam rumen dan membentuuk busa/ buih. Fungsi pemberian minyak sayur adalah untuk menghilangkan busa tersebut sehingga gas bisa keluar melalui mulut (sendawa) atau melalui anus. Hal yang harus dilakukan oleh peternak adalah mencegah ternak berbaring karena ini akan memperberat kerja sistem pernapasan yang mana akan memperburuk kondisi ternak. Selain itu perlu juga untuk terus membuat sistem pencernaan ternak menjadi aktif dengan cara memberikan rumput yang punya tekstur agak keras, hal ini juga akan membantu pengeluaran gas dari dalam rumen.

Selamat mencoba, salam!

Leave a Reply