Naik KRL Bayar Pakai Link Aja

Saya tidak terlalu kaget sih, justru pertanyaan saya kenapa tidak dari dulu. Link aja sebagai aplikasi dompet digital milik negara harusnya diuntungkan karena punya akses yang lebih ke BUMN lainnya termasuk bayar KRL. Tapi akhirnya sekarang sudah benar-benar terwujud. Dengan adanya fitur baru ini sepertinya saya bakal mempertahankan aplikasi Link Aja di handphone saya (terus kepentingannya apa 🤣). Tapi bener lho, saya sudah mulai merasa harus mulai mengurangi aplikasi dompet digital yang saya gunakan. Saat ini saya punya GoPay, OVO, Dana dan Link Aja. Dan kalau diurutkan maka Link Aja dan Dana ada di dua terbawah. Alasan utama saya dalam merangking aplikasi dompet digital tentu dari kegunaannya. GoPay dan OVO sudah kuat dengan kegunaannya membayar ojol. Baru-baru ini Link Aja juga sudah terintegrasi dengan Gojek. Nah sepertinya Dana yang akan tersingkir. Yang membuat saya mempertahankan Dana adalah karena saya tidak perlu Top up. Jadi tidak perlu ada uang saya yang mengendap di sana.

Menggunakan QR Code

Awal-awal menggunakan Link Aja untuk bayar KRL saya sempat kagok. Jadi kita harus mengarahkan QR code di smartphone kita ke arah reader yang ada di gate KRL. Kemudian akan diproses dan gate akan terbuka. Kalau dibandingkan dengan menggunakan kartu sih masih lebih cepat kartu. Kesulitan menggunakan QR code adalah kita harus memastikan seluruh bagian QR code terpindai. Nah, ini yang masih membutuhkan penyesuaian. Oh iya setelah gate terbuka maka saldo Link Aja kita akan berkurang Rp. 13.000 yang akan di refund sesuai tarif biasa saat kita keluar dari gate di stasiun tujuan kita.

Bayar KRL pakai Link Aja
Bayar KRL pakai Link Aja

Jumlah gate Link Aja

Tidak semua gate bisa menggunakan Link Aja. Ini juga yang terkadang bikin repot. Terutama di stasiun-stasiun kecil yang jumlah gate nya tidak banyak. Apalagi saat peak hour. Kalau sudah begini biasanya saya pilih melipir saja dulu menunggu sampai agak sepi baru saya keluar dari stasiun.

Tapi overall saya senang dengan adanya fitur baru ini. Dan tentu saja harapan saya ke depannya layanan dompet digital akan semakin membaik. Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah mencoba fitur ini?. Salam!!

Leave a Reply