Lacak pengeluaranmu dengan Moneytory dari Jenius

Saya termasuk pengguna jenius ikut-ikutan pada awalnya. Istri saya yang menggunakan jenius lebih dulu. Sebagai suami saya cuma bisa ngikut aja sih haha. Tidak ada paksaan, awalnya saya penasaran dengan fitur dream saver yang membuat urusan menabung jadi lebih mudah. Ternyata memang sangat membantu dan sekarang ada satu fitur lagi yang menurut saya keren banget yaitu moneytory. Saya sudah sering bilang kalau saya suka dengan data, termasuk data pengeluaran bulanan saya. Maka dari itu saya juga menggunakan aplikasi expenses tracker di smartphone saya untuk melacak pengeluaran saya. Dan ternyata saat ini jenius juga memfasilitasi hal tersebut dengan moneytory.

Fitur moneytory Jenius
Fitur moneytory Jenius

Pentingnya melacak pengeluaran

Sebelum kita ngomongin fitur moneytory ada baiknya kita bahasa tentang pentingnya melacak pengeluaran. Melacak pengeluaaraan ini erat kaitannya dengan perencanaan keuangan. Pernah dengar kata-kata bijak seperti di bawah ini?:

If we fail to plan, it means we plan to fail

Jika kita gagal merencanakan, itu berarti kita merencanakan untuk gagal

Kata-kata bijak itu benar adanya. Sering kali kita gagal merencanakan atau rencana kita tidak berjalan dengan baik karena kita tidak punya data sebagai dasar dari perencanaan yang kita lakukan. Misalnya kita menganggarkn satu juta rupiah untuk biaya transport untuk satu bulan. Padahal biaya transport yang ita habiskan dalam satu bulan lebih dari itu, akibatnya di akhir bulan kita harus menutupi biaya transport dari pos yang lain. Nah dengan pelacakan yang baik kita bisa tahu secara lebih presisi kemana saja kita belanjakan uang kita. Dengan menggunakan moneytory jenius sebagai expenses tracker kita juga bisa menghemat dengan lebih baik karena data dicatat secara real time. Jadi akan ketahuan misalnya kita sudah over budget.

Moneytory Jenius sebagai expense tracker

Mungkin ini adalah fitur yang akan mengunci hati saya untuk tetap menggunakan jenius. Bukan berarti fitur yang lain tidak keren atau tidak penting tapi bagi saya fitur ini keren banget. Ini memang tentang preferensi tapi saya akan jelaskan mengapa ini keren.

Fitur moneytory Jenius
Fitur moneytory Jenius
  1. Tampilan visual yang bagus banget. Jadi nanti pengeluaran dan pemasukan kita ditampilakn dalam betuuk pie chart sehingga sangat mudah dilihat dan dibaca.
  2. Sudah ada kategori untuk uang masuk dan uang keluar jadi kita tinggal sesuaikan saja mau kita masukkan ke kateggori yang mana ketika ada uang kelaur atau masuk.
  3. Untuk merchant tertentu misalnya SPBU maka akan secara otomatis dimasukkan ke dalam kategori transportasi. Namun apabila menurut kita urang cocok kita bisa mengubah kategori dari pengeluaran/ pemasukan tersebut.
Fitur moneytory Jenius
Fitur moneytory Jenius

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa saya juga sudah menggunakan aplikasi expenses tracker sebelumnya. Nah yang membuat moneytory dari jenius ini berbeda adalah fitur moneytory akan mencatat setiap ada transaksi masuk dan keluar. Jadi tidak ada alasan untuk lupa mencatat. Tinggal kita sesuaikan saja kategorinya. Nah ini yang belum saya dapatkan di aplikasi expenses tracker yang saya gunakan.

Salut untuk Jenius yang selalu berinovasi untuk memudahkan pelanggan. Semoga ke depannya bisa semakin baik lagi. Hal-hal seperti ini kadang ebih menarik bagi sebagian orang ketimang diskon atau promo-promo yang lain. Nah pertnayaan selanjutnya setelah semua penyedia layanan keuangan membantu kita melacak pengeluaran kita adalah bagaimana membuat data tersebut terintregasi sehingga lebih komprehensif lagi analisanya. Saya sakin suatu saat pasti ada palikasi yang bisa mewujudkan keinginan tersebut. Atau jika anda tau aplikasi semacam itu silahkan komentar di bawah ya. Salam!

Leave a Reply