Bikin podcast pakai Anchor

Finally my Podcast is on air.

Yap, saya gegayaan bikin podcast padahal mau nulis secara konsisten di blog aja masih sebatas angan-angan saja. Apakah saya akan konsisten dengan podcast saya? We’ll see

Apa itu Podcast

Podcast adalah content on demand artinya kita bebas kapan mendengarkan konten ini. Menurut saya konsep podcast memiliki kesamaan dengan konsep radio, hanya saja ada beberapa perbedaan seperti media penyiarannya dan keterikatan waktu untuk mendengarkan konten. Jika di radio kita menggunakan gelombang radio maka podcast menggunakan internet. Radio mempunyai waktu siar yang sudah tertentu, artinya jika jam siarannya sudah lewat kita tidak bisa mendengar siaran itu lagi, podcast berbeda karena kita bisa mendengarkannya kapan pun kita inginkan. Isi podcast bisa bermacam-macam mulai dari percakapan, atau monolog. Topiknya bisa dari cerita horor, tutorial, kisah inspiratif dan masih banyak yg lain tergantung kreatifitas si pembuat konten.

Silahkan mampir di Podcast saya ya

Alasan bikin podcast

Alasan saya membuat podcast hampir mirip dengan alasan saya membuat blog. Alasannya adalah karena saya sangat suka ngomong 🙊. Dengan membuat podcast saya bisa menyalurkan hobi saya secara langsung tanpa khawatir akan menggangu orang lain. Yang ingin dengar ya monggo, yang tidak ingin dengar ya silahkan hehe. Tapi ini bukan berarti saya membuat podcast secara asal-asalan.

Lalu kenapa baru sekarang?. Bukankah hobi ngomong saya itu sudah sejak dulu kala?. Jawabannya adalah karena sebelumnya saya belum percaya diri untuk berbicara panjang lebar dan direkam, apalagi dipublikasikan. Sebuah proses panjang yang saya jalani hingga akhirnya saya berani untuk membuat podcast. Saya melatih menyusun kata-kata dengan menulis blog. Awalnya saya cuma menuliskan apa yang ingin saya ucapkan. Setelah itu saya baca dan saya perbaiki sebelum saya publish di blog. Saya coba perkuat benang merah tulisan saya. Saya kurangi kata-kata yang tidak penting. Practice makes perfect. Itu saya lakukan terus menerus hingga saat ini.

Selain alasan percaya diri tentu saja karena saat ini bisa dibilang podcast sedang naik daun. Dan ada satu aplikasi yang mempermudah pembuatan podcast yaitu Anchor.

Bikin podcast pakai Anchor

Pembuatan podcast terbilang cukup mudah. Saya menggunakan aplikasi di smartphone saya yaitu aplikasi Anchor. Aplikasi ini sangat memudahkan saya karena saya tinggal merekam apa yang ingin saya sampaikan kemudian hanya memerlukan beberapa editing sederhana seperti penambahan background music dan penambahan tag dan podcast siap di publish. Anchor memiliki banyak fitur yang sangat memudahkan antara lain

  • Interface yang memudahkan
  • Kualitas rekaman suara yang dihasilkan sangat baik. Ini terus terang mengejutkan saya karena selama ini saya paling malas mendengarkan suara saya sendiri. Tapi surprisingly suara saya terdengar lebih enak setelah direkam menggunakan Anchor.
  • Memberikan pilihan distribusi yang lengkap. Kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara memasukkan podcast kita ke spotify, google podcast atau platform podcast yang lain. Anchor akan mengurus semuanya untuk kita
  • Fitur analytic yang cukup lengkap. Ini memudahkan kita untuk mengevaluasi konten yang kita buat sehingga kita bisa meningkatkan pendengar podcast kita.

Sejauh ini saya cukup puas dengan Anchor. Dengan peralatan seadanya saya masih bisa menghasilkan podcast dengan kualitas baik. Silahkan dowload disini

Tentang channel Podcast saya dan rencana selanjutnya

Channel podcast saya diberi nama ASUDOMO, nama yang sama dengan blog ini. Isinya tentu saja tentang apapun yang menarik perhatian saya. Saya berpikir bahwa beberapa topik lebih enak disampaikan melalui tulisan dan beberapa topik yang lain melalui podcast. Jadi ke depannya mungkin podcast dan blog akan saling melengkapi. Sebenarnya saya juga ingin membuat konten video supaya lebih lengkap dalam menyampaikan gagasan, tapi untuk saat ini sepertinya blog dan podcast dulu hehe. Sekian dulu dan sampai ketemu di Podcast saya!

8 thoughts on “Bikin podcast pakai Anchor

  1. Wulung says:

    Mas, nanya dong. Saya minggu lalu signup dan upload podcast lewat anchor. Tapi sampai sekarang baru available di 6 channel. Blm muncul di spotify dan itunes. Adakah step yg saya lewatkan sehingga podcast saya tidak terupload ke spotify?

        • Dicka Septiyanzar says:

          same problem here..
          udah hampir seminggu belum terdistribusi nih podcast gue di spotify.
          baru di google podcast, dan beberapa platform lainnya.
          kira-kira kenapa ya?

          • Wulung says:

            sudah berhasil ternyata. ada beberapa checklist yang harus dipenuhi. seperti nama harus dipastikan unique. sama pakai art cover buatan sendiri (buatan generator juga boleh, asal jangan pakai gambar punya orang lain), dan beberapa checklist lainnya bisa dibaca di web anchor.

Leave a Reply