Ayo Belajar Power BI

Sebenarnya saya belajar Power BI itu awalnya tidak sengaja. Jadi saya iseng lihat-lihat lowongan pekerjaan. Berharap ada pekerjaan freelance untuk menambah pemasukan malah ketemu sama pekerjaan yang menurutku unik yaitu sales analyst. Nah, salah satu kualifikasi dari sales analyst ini adalah mampu mengoperasikan perangkat lunak business inteligent misalnya Power BI. Penasaran sekaligus tertantang untuk belajar Power BI donk saya. Jujur ini pertama kalinya saya mendengar/ membaca tentang Power BI. Saya yakin anda juga penasaran kan? hehe yuk mari kita cari tahu apa itu Power BI.

Apakah Power BI itu?

Jadi power BI pada intinya adalah software untuk mengolah data yang nantinya akan digunakan dalam pengambilan keputusan. Nah ini sangat penting karena sekarang ini kita tidak bisa menentukan sesuatu semata-mata hanya dengan perasaan. Harus ada alasan kuat yang mendasari pengambilan keputusan tersebut. Nah, data dari lapangan bisanya masih sangat kasar dan mentah sehingga harus diolah terlebih dahulu agar bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan. Atau lebih dikenal dengan istilah data driven. Nah pengolah data dari lapangan inilah fungsi utama dari Power BI.

Harus ada alasan kuat yang mendasari pengambilan keputusan tersebut

Sebenarnya Power BI ini merupakan paid service atau layanan berbayar. Jadi kita bisa mempublish data kita ke cloud service yang nantinya memungkinkan untuk diakses dari manapun dan dari perangkat mobile seperti smartphone dan tablet atau dari komputer. Tapi yang saya gunakan adalah Power BI desktop. Power BI dekstop ini adalah versi offline dari Power BI. Dan Power BI Desktop ini gratis loh. Software Power BI bisa diunduh di sini : https://powerbi.microsoft.com/en/downloads/

Gabungan Ms Excel dan Ms Acces

Gabungan antara Ms Excel dan Ms Acces? ya benar sekali karena Power BI juga dibuat oleh Microsoft. Kalau gabungan antara Excel dan Acces itu sih pendapat pribadi saya hehe. Karena kebetulan saya pernah bekerja menggunakan kedua tools tadi dan menurut saya keduanya punya kemiripan dengan Power BI. Kemiripan dengan kedua software yang saya sebutkan di atas tadi juga bukan merupakan hal buruk. Kebanyakan dari kita sudah sangat familiar dengan Ms Excel bukan?. Ini akan memudahkan kita untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan Power BI.

Kesulitan level intermediate

Ini juga merupakan opini pribadi saya. Untuk belajar Power BI setidaknya anda sudah berada di level menengah Excel. Mengapa saya sampaikan demikian, karena jika masih di level dasar ya sebaiknya anda menggunakan Excel saja. Dan mungkin pekerjaan anda belum membutuhkan Power BI. Level menengah disini maksud saya adalah anda sudha mahir menggunakan formula di Excel tetapi belum menggunakan VBA dan Macro. Karena jika anda sudah mahir menggunakan VBA dan Macro mungkin saja anda tidak butuh Power BI.

Visualisasi Data yang Lengkap

visualisasi data Power BI
Visualisasi Data
Sumber : powerbi.microsoft.com

Hampir kelupaan ya. Saya malah belum menceritakan apa benefit yang bisa kita dapatkan dalam mempelajari Power BI. Jawabannya ada banyak sekali. Namun salah satu yang paling menarik menurut saya adalah visualisasi data yang sangat lengkap. Lebih lengkap dari Ms Excel. Anda bisa menyajikan data berdasarkan lokasi, berdasarkan rentang waktu tertentu dan masih banyak lagi.

Saya kira segitu dulu dari saya. Semoga anda penasaran untuk belajar Power BI dan mari kita belajar bersama di blog ini. Saya juga menulis tentang sales dan marketing, silahkan cek disini. Salam!

Leave a Comment