Analisa sederhana investasi di BukaReksa

Pasti sudah banyak yang tahu jika selain bisa berbelanja berbagai jenis barang kita juga bisa berinvestasi di Bukalapak. Ada banyak instrumen investasi di Bukalapak namun kali ini saya akan membagikan pengalaman saya di BukaReksa. Ini merupakan pengalaman pribadi saya dan akan saya analisa dengan cara yang sederhana saja karena pada dasrnya saya tidak punya keahlian khusus di bidang investasi.

Jenis-jenis BukaReksa

BukaReksa atau reksa dana milik Bukalapak menyediakan empat jenis reksa dana yaitu:

  • Reksa dana Pasar Uang
  • Reksa dana Pendapatan Tetap
  • Reksa dana Campuran
  • Reksa dana Saham

High risk, High profit

Yang akan saya bahas dalam tulisan ini adalah Bukaeksa Saham. Alasan mengapa saya memillih reksa dana saham karena saya ingin tahu seperti apa sih berinvestasi di reksa dana saham. Sebelumnya saya pernah mencoba investasi di BukaReksa Pasar Uang, Tetapi menurut saya kenaikannya sangat lambat dan kurang menarik. Secara umum berdasarkan risiko reksa dana dibagi menjadi tiga yaitu risiko rendah, risiko sedang dan risiko tinggi. Nah, BukaReksa saham ini termasuk kedalam reksa dana risiko tinggi. Yang dimaksud risiko tinggi adalah investasi ini benar-benar mempunyai risiko kerugian yang cukup tinggi. Akan tetapi tentu juga mempunyai potensi keuntungan yang lebih tinggi dibanding reksa dana yang lain. Seperti kata pepatah “High risk, High Profit”. Langsung saja yuk kita analisa investasi di BukaReksa.

Mau Investasi? Jalani aja dulu

Analisa Sederhana BukaReksa

Saya membeli reka dana secara berthap. setiap bulan saya sisihkan uang sebanyak Rp 100.000 atau Rp 50.000 untuk saya belikan reksa dana. Alasan saya membeli secara bertahap yang pertama karena keuangan saya terbatas sehingga saya tidak bisa langsung investasi dalam jumlah besar. Yang kedua, dengan membeli reksa dana secara bertahap maka kita bisa meminimalkan kerugian yang kita terima. Dari grafik bisa kita lihat bahwa dengan membeli secara bertahap efek penurunan harga NAB/ Unit tidak langsung berefek besar terhadap nilai investasi kita. Meskipun pada bulan-bulan awal keuntungan yang kita dapatkan juga dibawah kenaikan harga NAB/ Unit.

Analisa sedrhana BukaReksa

Untuk lebih memahami grafik di atas silahkan download file excelnya di bawah ini.

Alternatif Investasi

Yang ingin saya bagi di tulisan ini bukanlah kisah sukses yang terjadi dalam waktu singkat. Saya ingin berbagi pengalaman pribadi saya ketik berinvestasi di BukaReksa. Sampai saat tulisan ini dipublish saya masih melanjutan investasi di BukaReksa. Sebagai perbandingan jika kita menabung dalam bentuk deposito dalam satu tahun kurang lebih kitta akan mendapatkan bunga sekitar 6-7% tergantung bank penyedia dan besaran nilai uang yang kita investasikan. Dari grafik anda bisa disimpulkan jika saya menjual semua unit saya pada bulan februari lalu maka keuntungan yang saya dapatkan adalah 8%. Cukup lumayan jika dibandingkan deposito. Selain itu saat ini tabungan deposito punya jumlah minimum yang harus ditabung. Dan jumlah tersebut tidak sedikit Disinilah keunggulan BukaReksa karena kita bisa mulai berinvestasi mulai dari Rp 50.000. Cukup terjangkau. Dan semua itu bisa kita lakukan lewat genggaman tangan kita yaitu lewat aplikasi Bukalapak. Keunggulan lainnya adalah fleksibilitas. Jika kita akan menjual unit reksa dana kita maka dana hasil penjualan akan diproses dalam 2 hari bursa. Tidak terlalu lama untuk ukuran sebuah platform investasi

Kesimpulannya adalah BukaReksa bisa menjadi alternatif investasi anda. Tdak perlu ragu-ragu untuk memulai berinvestasi. Jika ada pertanyaan atau ada hal yang ingin didiskusikan silahkan isi di kolom komentar yaa!

Leave a Reply